Jogja

Taman Sari Yogyakarta

115
×

Taman Sari Yogyakarta

Sebarkan artikel ini
Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari, yang juga dikenal sebagai Taman Sari Keraton Yogyakarta, adalah salah satu ikon budaya yang mempesona di Indonesia, terutama di Yogyakarta. Terletak di pusat kota Yogyakarta, kompleks istana ini menjadi saksi bisu dari sejarah panjang dan kejayaan Kerajaan Mataram Islam. Taman Sari bukan hanya tempat bersejarah, tetapi juga menjadi daya tarik wisata taman sari yang populer bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keindahan Taman Sari mulai dari tiket masuk, kuliner yang tersedia, hingga spot-spot foto yang menakjubkan.

Eksplorasi yang Menawan di Taman Sari Yogyakarta

Tiket Masuk:

Sebelum memasuki keindahan Taman Sari, Anda perlu membeli tiket masuk. Tiket masuk ini sangat terjangkau, membuatnya menjadi destinasi wisata yang ramah anggaran. Untuk wisatawan domestik, harga tiket masuk biasanya sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan internasional, harga tiket masuknya berkisar antara Rp25.000 hingga Rp50.000 per orang. Harga tiket mungkin mengalami perubahan tergantung pada regulasi pemerintah dan waktu kunjungan, jadi di sarankan untuk memeriksa harga tiket terbaru sebelum pergi.

Kuliner di sekitar Taman Sari:

Setelah menikmati keindahan sejarah Taman Sari, Anda pasti akan merasa lapar. Jangan khawatir, karena di sekitar kompleks Taman Sari terdapat banyak warung makan dan penjual makanan khas Yogyakarta. Anda bisa mencicipi berbagai hidangan lezat seperti Gudeg, yang merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda direbus dengan santan dan bumbu rempah-rempah; Bakpia, kue khas Yogyakarta berisi kacang hijau atau wijen; serta berbagai hidangan lainnya seperti Soto, Nasi Goreng, dan tentu saja, Kopi Joss, minuman khas Yogyakarta yang unik dengan arang yang di bakar langsung ditambahkan ke dalam cangkir kopi.

Baca Juga : Tempat Aesthetic di Jogja

Spot Foto yang Instagramable:

Taman Sari juga menawarkan banyak spot foto yang menakjubkan yang akan membuat Instagram Anda menjadi penuh warna. Berikut beberapa spot foto yang tidak boleh dilewatkan:

  1. Pemandian Raja dan Ratu: Spot ini merupakan pemandian kuno tempat para raja dan ratu Mandi. Bangunan-bangunannya yang indah dan kolam air yang tenang akan memberikan latar belakang yang sempurna untuk foto-foto Anda.
  2. Sumur Gumuling: Sumur Gumuling adalah bangunan bawah tanah yang unik dengan arsitektur bundar yang menakjubkan. Cahaya masuk melalui lubang-lubang di atap, menciptakan efek pencahayaan yang menarik untuk foto.
  3. Bangsal Kencana: Bangsal Kencana adalah bangunan bersejarah di tengah kolam yang indah. Di kelilingi oleh taman-taman hijau, bangunan ini menawarkan pengaturan yang sempurna untuk foto-foto yang memesona.
  4. Jalan ke Plengkung Nirwana: Jalan setapak yang indah ini di kelilingi oleh pepohonan rindang dan bangunan-bangunan kuno. Suasana tenang dan sepi menjadikannya tempat yang ideal untuk foto-foto yang menawan.
  5. Taman Sari dari Ketinggian: Untuk foto yang epik, Anda dapat naik ke salah satu menara pengawas di sekitar kompleks Taman Sari. Dari sini, Anda dapat mengambil foto panorama yang menakjubkan dari Taman Sari dan sekitarnya.

Taman Sari Yogyakarta bukan hanya tempat bersejarah yang menarik, tetapi juga tempat yang mempesona untuk menjelajahi keindahan alam, mencicipi kuliner lezat, dan mengabadikan momen-momen tak terlupakan dengan foto-foto yang menakjubkan. Dengan tiket masuk yang terjangkau, Anda dapat menikmati semua yang ditawarkan Taman Sari tanpa merusak anggaran liburan Anda. Jadi, jadwalkan perjalanan Anda ke Taman Sari Yogyakarta sekarang juga dan siapkan kamera Anda untuk pengalaman wisata yang tak terlupakan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *