Tiket Bus

Tips Beli Tiket Bus yang Aman dan Dijamin Tidak Merugi

114
×

Tips Beli Tiket Bus yang Aman dan Dijamin Tidak Merugi

Sebarkan artikel ini
Tips Beli Tiket Bus yang Aman
Tips Beli Tiket Bus yang Aman

Bagaimana tips beli tiket bus yang aman, nyaman, serta terbebas dari calo? Kamu sekalian pasti ingin mengetahui caranya saat ingin memilih dan mengendarai angkutan darat tersebut. Tidak ingin lagi merasakan kecurangan bahkan hingga pemerasan saat menaikinya.

Bus menjadi moda transportasi darat yang masih menjadi idola masyarakat umum. Selain harga tiketnya masih cukup terjangkau semua kalangan, juga aman dan nyaman saat mengendarainya hingga sampai lokasi tujuan.

Namun demikian, pembelian tiketnya yang mungkin menjadi problematika tersendiri bagi sebagian orang. Kamu yang pernah merasakan pengalaman buruk saat membeli tiket bus harus membaca informasi sekaligus tips beli tiket dulu.

Tips Membeli Tiket Bus yang Aman dan Nyaman

Secara umum, pembelian tiket untuk hampir semua angkutan umum komersil bisa dilakukan secara offline atau online. Pembeliannya secara offline harus datang langsung ke terminal tempat bus akan berangkat. Lalu, menuju tempat penjualan tiket yang disediakan oleh pihak perusahaan otobus (PO) bersangkutan.

Sementara secara online, kamu bisa membelinya hanya dengan menghubungi melalui sambungan telepon pihak PO. Selain itu, bisa juga membelinya melalui pihak ketiga, yaitu aplikasi jual beli tiket traveling atau perjalanan.

Baca Juga : Mengenal Tiket Bus Super Eksklusif dari PO di Indonesia

Keduanya bisa kamu lakukan sesuai keinginan, kebutuhan, serta kondisi masing-masing. Namun demikian, ada beberapa tips saat ingin membeli tiket bus dan harus diketahui masyarakat umum. Berikut informasi selengkapnya.

1.      Jangan Memesan Mendadak

Kamu jangan memesan tiketnya secara mendadak, tetapi beberapa hari sebelum pemberangkatan. Sebagai contoh, kamu berencana pada hari Sabtu melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta mengendarai angkutan bus.

Sebaiknya pada hari Senin atau Selasa sudah memesan tiketnya agar kepastian ada tidaknya bisa diketahui. Jika satu PO mengatakan sudah kehabisan tiket, maka kamu bisa mencari di bus lainnya. Dengan begitu, perjalanan tetap bisa dilakukan sesuai jadwal.

2.      Membeli Tiket Bus Langsung pada PO

Sekali lagi, silahkan membeli tiket bus secara offline atau online, tetapi langsung pada pihak POnya. Jangan melalui pihak ketiga atau bahkan calo yang disinyalir banyak berkeliaran baik di dunia nyata atau maya.

Membeli tiket pada calo hanya merugikan kamu sekalian sebagai konsumen. Selain harganya dibandrol lebih mahal, bisa jadi tiketnya palsu dan tidak bisa menggunakannya. Jika mengalami seperti itu, kamu sama saja tertipu dua kali. Jadi, harus lebih berhati-hati saat membelinya.

3.      Pastikan Tempat Duduk Sesuai Keinginan

Tempat duduk bagi kebanyakan penumpang bus menjadi salah satu faktor menentukan kenyamanan di perjalanan. Misalnya, duduk di bagian tengah, dekat jendela, di belakang sopir, dan lain sebagainya.

Tentu saja setiap orang tidak menutup kemungkinan mempunyai pilihan tempat duduknya masing-masing. Kamu yang merasa seperti itu sebaiknya memastikan tempatnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Apalagi mengajak orang lain seperti anak kecil yang biasanya rewel dalam perjalanan.

4.      Memastikan Harga Tiket Bus

Harga tiketnya antara yang diinformasikan dengan kenyataan saat membayar benar-benar pasti dan tidak berubah. Kamu pastinya tidak ingin merasa tertipu dengan harga tiket. Oleh karenanya, harus memastikan dulu kepada pihak PO dengan menanyakannya langsung.

Selain itu, belilah tiketnya hanya di loket resmi milik PO tersebut untuk mendapatkan harga sebenarnya. Jangan mau membeli tiket dari orang atau pihak lain dengan harga lebih tinggi. Hal tersebut termasuk praktik percaloan yang sangat merugikan, baik calon penumpang maupun PO.

Membeli Tiket Bus Online Lebih Mudah dan Praktis

Perkembangan zaman dan teknologi menjadikan banyak aktifitas manusia menjadi lebih mudah serta praktis. Tidak terkecuali, membeli tiket angkutan bus yang sekarang dapat dilakukan secara online.

Kamu bisa langsung menghubungi PO busnya, lalu membeli tiketnya sesuai keberangkatan yang diinginkan. Dengan kata lain, kamu sudah booking duluan tempat duduk di dalam busnya. Sementara untuk pembayarannya, bisa ditransfer atau pada saat sebelum keberangkatan nanti.

Pembeliannya seperti itu lebih memudahkan banyak orang, sehingga memang direkomendasikan. Untuk mendapatkan nomor telpon atau WhatsApp dari POnya, kamu bisa mengunjungi situs web resminya.

Perusahaan transportasi yang profesional dan kompeten pasti memilikinya untuk membantu masyarakat umum mengakses informasi darinya. Jadi, silahkan mempraktikkannya nanti saat ingin mengendarai angkutannya.

Setelah membaca uraian di atas, diharapkan kamu dapat segera mempraktikkannya sekarang atau di kemudian hari. Dengan begitu, tidak perlu khawatir tertipu atau merasa dirugikan lagi karena sudah mempraktikkan beberapa tips membeli tiket bus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *