Tiket Kereta

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api dengan Mudah

158
×

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api dengan Mudah

Sebarkan artikel ini
Cara Membatalkan Tiket Kereta Api
Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

Cara membatalkan tiket kereta api adalah informasi yang banyak dicari calon penumpang yang bingung saat memutuskan membatalkan perjalanannya karena suatu hal tertentu. Misal ada keluarga yang meninggal dunia.

Selain itu, banyak juga yang bertanya, jika memang bisa dibatalkan apakah uang pembayarannya akan kembali? Maka dari itu, kamu harus mengetahui segala hal mengenai aturan, syarat, dan ketentuan dalam pembatalan perjalanan kereta api.

Syarat Pembatalan Tiket Kereta Api yang Sudah Dibeli

Tiket yang sudah dibeli pada dasarnya, masih bisa dibatalkan. Namun, tidak mudah itu membatalkannya karena cukup banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Jika satu syarat saja tidak terpenuhi, maka tidak dapat direfund.

  1. Data diri penumpang atau salah satunya (jika lebih dari 1) sudah terdaftar pada aplikasi KAI Access. Untuk pembatalannya menggunakan akun pemohon.
  2. Jika kamu memesan secara online, maka pembatalan bisa melalui aplikasi KAI Access selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan, belum mendapatkan boarding pass, dan kode booking yang dimiliki sudah berstatus lunas.
  3. Sementara itu, untuk pemesanan secara offline, pengembalian tiket paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Lebih dari itu, tiket hangus dan tidak ada pengembalian uang.
  4. Pembatalan tiket dikenakan biaya sebesar 25% dari harga tiket, tidak termasuk biaya pemesanan. Ini berlaku untuk pemesanan tiket secara daring maupun luring.
  5. Bagi penumpang yang membeli tiket secara online, maka pengembalian hanya melalui transfer bank ke rekening salah satu penumpang yang tercatat di dalam kode booking pembatalan. Pastikan nama dan nomor rekening bank dengan data pada buku rekening sama atau sesuai.
  6. Apabila ada kesalahan nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan secara sistem akan ditolak. Akan tetapi, penumpang masih bisa melakukan pengambilan tunai di loket stasiun yang ditentukan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.
  7. Pembatalan secara online juga dapat dilakukan walaupun calon penumpang membeli melalui situs online selain aplikasi KAI Access. Dengan catatan, kode booking dapat masuk ke menu My Trip dan nama yang ada di dalam tiket terdaftar sebagai pengguna KAI Access.
  8. Untuk pembatalan secara offline, kamu harus menunjukkan bukti identitas asli sesuai data yang tercantum pada Boarding Pass. Tapi cukup menyerahkan fotokopinya saja untuk dilampirkan pada formulir pembatalan.
  9. Jika kamu bukan pemilik Boarding Pass, maka wajib melampirkan surat kuasa bermeterai dan salinan bukti identitas seperti KTP dari pemilik aslinya.
  10. Jika pembatalan Boarding Pass lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama, maka silakan melampirkan salah satu salinan bukti identitas dan/atau surat kuasa pembatalan dari penumpang dimaksud.
  11. Uang dikembalikan dalam waktu satu bulan melalui transfer atau bisa mengambilnya langsung di stasiun.

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

Setelah semua persyaratan sudah terpenuhi, maka kamu bisa melakukan request pembatalan tiket, baik secara online maupun offline. Untuk pembatalan online bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access, sedangkan secara offline maka kamu harus datang ke stasiun keberangkatan.

1. Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Via Daring

  • Buka aplikasi KAI Access di smartphone kamu.
  • Pada bagian Tiket, silakan pilih kode pemesanan yang akan dibatalkan.
  • Selanjutnya ke bagian ‘kelola pemesanan”
  • Klik “pembatalan”
  • Pilih nama yang akan membatalkan keberangkatan. Apabila itu kamu, silakan pilih namamu.
  • Centang Syarat & Ketentuan kemudian klik “lanjut” untuk proses pembatalan.
  • Input akun bank dan nomor rekening kamu dengan benar.
  • Pada halaman konfirmasi, pastikan pembatalan tiket kereta sudah sesuai dan tidak ada yang salah. Jika sudah benar semua, klik “ya, saya kakin”.
  • Kini, seluruh proses pembatalan tiket via online berhasil dilakukan.

2. Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Via Luring

  • Datang ke stasiun kereta api tempat membeli tiket pertama kali.
  • Menuju loket customer service stasiun.
  • Membawa tiket atau bukti pemesanannya, KTP atau identitas lain baik asli maupun fotocopy.
  • Selanjutnya silahkan kamu mengisi dan menandatangani formulir pembatalan tiket kereta api yang sudah disediakan.
  • Ikuti proses selanjutnya sampai selesai.

Seperti itulah syarat dan cara membatalkan tiket kereta api tiketdulu.com, baik secara online maupun offline bagi kamu yang tidak jadi melakukan perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *