Tiket Pesawat

Faktor yang Mempengaruhi Harga Tiket Pesawat Sering Berubah

145
×

Faktor yang Mempengaruhi Harga Tiket Pesawat Sering Berubah

Sebarkan artikel ini
Faktor yang Mempengaruhi Harga Tiket Pesawat Sering Berubah
Faktor yang Mempengaruhi Harga Tiket Pesawat Sering Berubah

Tiket pesawat memang harganya cenderung berubah dengan cepat, bahkan terkadang dalam waktu singkat. Tidak dapat kami pungkiri, dalam beberapa detik harga tiket bisa menjadi dua kali lipat dari harga aslinya, atau bahkan lebih rendah.

Sebenarnya, peristiwa seperti ini sangat wajar karena ada beberapa faktor yang akan mempengaruhinya. Informasi kali ini akan membahas beberapa faktor yang membuat biaya tiket menjadi berubah-ubah.

Faktor Harga Tiket Pesawat Sering Berubah

Faktor yang dapat mempengaruhi perubahan biaya tiket, biasanya mulai dari permintaan, waktu pemesanan, persaingan antar maskapai, hingga hari libur. Agar kamu lebih jelas, maka di bawah ini sudah ada penjelasan terkait harga tiket pesawat yang seringkali berubah, antara lain:

1. Meningkatnya Permintaan

Biasanya suatu maskapai penerbangan akan menggunakan strategi Dynamic pricing. Hal ini tentunya bertujuan untuk bisa langsung menjual jumlah kursi yang sama dengan harga berbeda kepada pelanggan. Di mana nantinya tingkat biaya tiket juga akan berbeda.

Pada umumnya, penjualan tiket sudah terbagi menjadi tiga tahap. Saat pertama kali pihak maskapai melakukan penjualan, tiket biasanya akan terjual dengan harga paling murah.

Baca Juga : Waktu Tepat Mendapatkan Tiket Pesawat Murah dan Cepat

Kemudian, seiring dengan meningkatnya permintaan, biaya tiket kelas tersebut juga akan semakin naik, dan seterusnya.

Namun, tiket biasanya baru akan terjual pada penjualan yang ketiga. Jadi hal ini juga menjadi waktu paling tepat untuk bisa membeli tiket pesawat karena biasanya beberapa maskapai penerbangan akan langsung menurunkan harga tiket dulu. Hal ini juga bertujuan untuk bisa meningkatkan pendapatan lebih besar.

2. Waktu pemesanan

Waktu pemesanan juga termasuk salah satu faktor yang tidak pasti dan cenderung bervariasi dari satu maskapai ke maskapai lainnya.

Biasanya, tiket yang sering terjual mendekati waktu keberangkatan cenderung lebih mahal. Bahkan, seringkali pemesanan yang dilakukan terjadi pada menit-menit terakhir keberangkatan. Hal ini justru akan jauh lebih mahal daripada biaya tiket aslinya.

Idealnya, tiket pesawat terbaik juga akan tersedia 3 hingga 4 bulan sebelum waktu keberangkatan tiba. Namun, penting sekali bagi calon penumpang untuk bisa langsung menyesuaikan waktu keberangkatannya.

Memang benar, biaya tiket yang terjual pada periode-periode tertentu, misalnya seperti libur tahun baru atau menjelang hari raya keagamaan, cenderung lebih mahal ketimbang hari-hari biasa. Apalagi jika kamu sudah memesannya jauh-jauh hari.

3. Persaingan antar maskapai

Pada dasarnya, tidak dapat kamu pungkiri bahwa persaingan antar maskapai juga akan langsung mempengaruhi perkembangan harga tiket pesawat.

Sebuah maskapai penerbangan seringkali akan memantau biaya tiket yang telah pesaing tawarkan. Apalagi jika persaingan menurunkan harga tiket, pasti maskapai penerbangan melakukan hal yang sama. Hal ini juga bertujuan untuk bisa mendapatkan pangsa pasar.

4. Hari kerja dan hari libur

Selama seminggu, hari Selasa dan Rabu juga akan bisa menjadi pilihan paling terbaik untuk mendapatkan tiket jauh lebih murah. Hal ini tentunya karena hari Senin, Kamis, serta Jumat tergolong sebagai hari tidak sibuk. Di mana perjalanan bisnis bisa kamu lakukan dengan mudah.

Sementara itu, pada hari Sabtu dan Minggu, sudah jelas tergolong sebagai hari sibuk serta harga tiket yang ditawarkan juga cenderung lebih mahal dari hari biasanya.

5. Rute populer dan kurang populer

Rute populer sebenarnya mengacu pada rute yang biasa maskapai penerbangan layani, misalnya saja seperti Jakarta-Surabaya. Sedangkan, jalur yang kurang populer justru sebaliknya, misalnya seperti Sorong-Kupang.

Untuk rute populer, harga tiket pesawat seringkali berubah dengan lebih cepat, bahkan hanya dalam beberapa menit. Sementara itu, rute yang kurang populer fluktuasinya juga lebih kecil sehingga fluktuasi harga jarang terjadi.

Selain beberapa penjelasan di atas, ternyata rata-rata 30-40 persen biaya pengoperasian penerbangan berasal dari adanya pengeluaran bahan bakar. Jadi akan ada perubahan harga bahan bakar secara tiba-tiba yang dapat berdampak pada perubahan biaya tiket pesawat.

Beberapa faktor-faktor tersebut tentunya juga dapat mempengaruhi perubahan harga jual tiket suatu maskapai. Jadi perlu kamu ketahui bahwa biaya tiket bisa berubah setiap hari sesuai dengan ketentuan dari maskapai.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk perjalanan dengan pesawat sebaiknya mencari tahu maskapai yang memberikan harga tiket murah. Tiket pesawat juga bisa kamu cari sesuai dengan budget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *